Jenis Bakteri

Jenis-Jenis Bakteri dan Contohnya

Bakteri (Eubacteria) memiliki macam-macam jenis dan contohnya, baik itu yang merugikan atau menguntungkan. Bakteri dikelompokan dalam beberapa macam yaitu berdasarkan karakteristik dinding sel, jumlah dan letak flagela, serta cara hidupnya antara lain sebagai berikut….

  1. Jenis bakteri berdasarkan karekteristik dinding sel

Pengelompokan bakteri secara formal pertama kali dikembangkan oleh Hans Cristian Gram yang membagi bakteri berdasarka karekteristik dinding selnya melalui dengan pewarnaan gram yang dibagi menjadi dua yaitu bakteri gram negatif dan bakteri gram positif serta bakteri tidak berdinding sel.

  1. Bakteri Gram Positif adalah bakteri yang dinding selnya menyerap warna violet dan memiliki lapisan peptidoglikan yang tebal.
  2. Bakteri Gram Negatif adalah bakteri yang dinding selnya menyerap warna merah, dan memiliki lapisan peptidoglogikan yang tipis.
  3. Bakteri tidak Berdinding Sel

Mikoplasma. Bakteri ini hidup di tanah dan saluran air, beberapa bersifat parasit pada tumbuhan atau hewan. Beberapa spesies hidup di saluran mukus manusia tetapi tidak menyebabkan penyakit.

  1. Jenis-jenis Bakteri Berdasarkan Jumlah dan Letak Flagela

Setiap sel bakteri memiliki jumlah sel flagela yang berbeda. Berdasarkan jumlah dan letak flagela bakteri dibedakan menjadi 4 yaitu:

  • Bakteri monotrik adalah bakteri yang mempunyai satu flagela pada salah satu ujung selnya
  • Bakteri amfitrik adalah bakteri yang kedua ujung selnya masing-masing mempunyai satu flagela
  • Bakteri lofotrik adalah bakteri yang pada salah satu ujung selnya memiliki beberapa flagela
  • Bakteri peritrik adalah bakteri yang pada seluruh permukaan tubuhnya terdapat flage
  1. jenis-Jenis Bakteri Berdasarkan Cara hidup

Berdasarkan cara hidupnya, bakteri dapat dibedakan menjadi bakteri heterotrof dan autotrof  antara lain sebagai berikut.

  • Bakteri Heterotrof adalah bakteri yang mendapatkan makanan berupa senyawa organik dari organisme lainya. umumnya bakteri ini tidak berklorofil. Kehidupan ini sangat tergantung pada bahan organik yang ada disekitarnya, karena bakteri tersebut tidak bisa mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik.
  • Bakteri autotrof adalah bakteri yang dapat membuat makanan sendiri dari senyawa anorganik

Leave a Reply

Your email address will not be published.